Jumat, 12 Juli 2019

Inovasi Puskesmas Tumbang Penyahuan Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima!




Tumbang Penyahuan- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tumbang Penyahuan yang berada di Kecamatan Bukit Santuai Kabupaten Kotawaringin Timur dalam memberikan pelayanan tingkat pertama berupaya memberikan kenyamanan dalam penggunaan layanan kesehatan di wilayah kerjanya. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan mempermudah proses identifikasi pasien dalam mencari Rekam Medik (RM). 

" Kami berupaya memberikan kemudahan bagi pengguna layanan kesehatan, sehingga tidak terulang kembali kejadian seperti Rekam Medik ganda dan waktu tunggu yang lama, untuk mencari Rekam Medik, yang disebabkan karena seringkali, yang berkunjung lupa membawa nomor indeks kartu berobat (nomor RM) " terang salah satu Petugas. Inovasi yang diberi nama Cari rEkam mediK Dari Nama kepala keluargA (CEK DNA) ini berbasis database RM yang tersortir dalam ms.Office Excel. 


"Sesuai namanya ya, kita hanya perlu tahu nama kepala keluarganya lalu kita search keyword (cari kata kunci) nama KKnya maka kita dapatkan nomor RMnya, walaupun ada nama yang sama, kami buat agar dapat mudah di identifikasi dengan melihat alamat dan anggota keluarganya" lanjutnya. 
Dalam hal efisiensi waktu cara ini dapat mempercepat proses identifikasi pengguna layanan jika ada yang tidak membawa nomor indeks kartu berobat, karena di Puskesmas Tumbang Penyahuan masih menggunakan Rekam Medik dengan Family Folder (Folder keluarga).




0 komentar:

Posting Komentar