Senin, 12 April 2021

Sepakat, Manajer PT Sarpatim Menyetujui Pembentukan Posyandu


Senin (12/04/2021) Sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar yang biasanya di dapatkan di Posyandu, petugas promkes Puskesmas Tumbang Penyahuan melakukan advokasi pembentukan posyandu di PT Sarmiento Parakantja Timber (Sarpatim) yang ada di wilayah kerja Puskesmas Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini didasari oleh banyaknya jumlah bayi-balita yang berjumlah 148 Orang dan Ibu Hamil sejumlah 14 orang yang ada di wilayah PT Sarpatim.

Selama ini pemantauan dan pemeriksaan bayi-balita dan ibu hamil yang ada di PT Sarpatim rutin dilakukan setiap bulan oleh Petugas dari Puskesmas Tumbang Penyahuan, namun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kepemilikan UKBM dalam hal ini posyandu, maka petugas promkes puskesmas Tumbang Penyahuan melakukan advokasi pembentukan posyandu di wilayah PT Sarpatim. 


Dalam kegiatan advokasi yang dilaksanakan di ruang pertemuan PT Sarpatim tersebut dihadiri oleh Bapak Hany De Fretes selaku Manajer Pengusahaan Hutan PT Sarpatim, Bapak Fajar Sri Surya Negara Selaku Kabid PMDH, Bapak Tri Harianto selaku Kabag ADM Personalia dan Ibu Lenie Selaku Kasi Tenaga Medis PT Sarpatim. Pada pertemuan tersebut dipaparkan terkait pentingnya posyandu, peran dan tugas kader dan pentingnya posyandu memiliki bangunan sendiri oleh tenaga promkes Puskesmas Tumbang Penyahuan untuk menjadi bahan pertimbangan PT Sarpatim. Setelah dilakukan diskusi yang cukup matang terkait kebutuhan adanya posyandu di PT Sarpatim, Bapak Hany De Fretes Selaku MPH PT Sarpatim menyepakati beberapa hal :

1. Akan membentuk 1 posyandu di wilayah PT Sarpatim.

2. Menunjuk kader posyandu dari ibu-ibu karyawan perusahaan.

3. Akan Membangun atau menyiapkan tempat khusus untuk bangunan posyandu.

Selain 3 hal di atas, beliau juga meminta agar pihak Puskesmas Tumbang Penyahaun melakukan orientasi bagi kader-kader posyandu yang akan di bentuk di PT Sarpatim.


Oleh : Edi Hermanto, SKM

0 komentar:

Posting Komentar